SMKPGRIJATIWANGI

Jenis – Jenis Jaringan Komputer 

Komputer telah adalahsalah satu perangkat dan pun perangkat yang sangat diperlukan oleh insan saat ini. Hampir semua kegiatan yang dilaksanakan oleh insan menggunakan pertolongan komputer, laksana mengetik, menulis, sampai melakukan kegiatan seperti merakit mesin dan juga tidak sedikit lagi. Komputer sendiri memang adalahsalah satu penemuan terbaik yang pernah diciptakan oleh manusia, yang sangat bermanfaat dan pun bermanaat.


Saat ini pemakaian komputer pun telah tidak terbatas pada pemakaian single user saja tetapi juga dipakai untuk multi user atau pemakai yang lebih dari satu. Bagi memenuhi keperluan multi user ini, maka diciptakanlah pengembangan dari teknologi komputer berupa jaringan komputer. Sesuai dengan namanya, jaringan komputer adalahpembuatan sebuah line dan pun jaringan yang bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer yang beda yang pasti saja paling bermanfaat untuk siapapun pemakainya.

Perkembangan jaringan komputer dari masa-masa ke waktu sampai kini bisa di katakan lumayan meningkat, karena di jaman yang modern ini tentunya tidak sedikit orang yang memakai teknologi dalam pekerjaan sehari-hari mereka untuk mempermudah dalam menyimpan, mentransfer data dengan lebih mudah, cepat dan tepat waktu.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer ketika ini telah terdiri dari pelbagai jenis dan pun macam. Berikut ini ialah jenis – jenis jaringan komputer, yang biasa kita pakai sehari – hari:

Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya
LAN




jenis-jenis jaringan komputerLAN adalahkependekan dari Local Area Network. Dari namanya saja telah mendeskripsikan bahwa jaringan LAN ini adalahtipe jaringan sangat sederhana dan pun paling kecil ruang lingkupnya. Biasanya jaringan LAN hanya dipakai dalam ruang lingkup kecil, laksana satu ruangan, satu rumah, satu sekolah, ataupun satu warnet.


Dengan memakai model jaringan LAN, maka semua komputer dalam satu ruangan itu dapat terkoneksi satu sama lain. LAN ini adalahjaringan yang kasat mata yang melulu berjalan pada radius sejumlah meter saja, oleh sebab tersebut jaringan ini jaringan terkecil bila di bandingkan dengan lingkung jaringan lainnya.

Meski jaringan komputer LAN ini mempunyai lingkup yang kecil tetapi speed yang dimilikinya tidak kalah dengan jaringan lainnya, jaringan LAN ini lumayan stabil dengan pemakaian PC user yang standar dalam satu wilayah.

Jaringan ini pun lebih mempermudah setiap user dalam menyalurkan file dengan teknik sharing yang lebih ringkas dan cepat. Kelebihan lainnya dari jaringan LAN ialah biaya oprasional yang relatif kecil sebab lebih sedikit memakai kabel yaitu melulu satu ruangan saja.

MAN



MANMAN ialah Metropolitan Area Network, merupakan kelompok dari sejumlah jaringan LAN yang menjadi satu, sehingga dapat tersambung dalam ruang lingkup yang lebih banyak dari satu ruangan saja. Biasanya, MAN diaplikasikan guna mengkoneksikan komputer melewati jaringan, pada satu kota tertentu. Namun di Indonesia, pemakaian MAN tidak berkembang dan jarang sekali digunakan.

Jaringan komputer MAN ini lebih tepat guna untuk jangkauan yang lebih luas, dengan memakai tipe jaringan MAN ini semua user bakal lebih gampang mengakses data dari user lainnya meski tempat mereka tidaklah dekat. Jaringan ini lebih tidak jarang di pakai oleh gedung-gedung yang mempunyai kebersangkutanan satu sama lain, laksana gedung perkantoran.

Tentunya guna jaringan komputer ini sangat bermanfaat oleh sejumlah instansi yang memang memakai jaringan MAN dalam pekerjaan pekerjaan mereka. Di samping lebih mempermudah dalam ekspedisi file dari satu lokasi ke lokasi lainnya, pemakaian jaringan MAN ini lebih efektif guna di pakai secara bersamaan.

WAN
wanWAN adalahjaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya, laksana satu negara, satu benua, bahkan satu dunia. Internet yang biasa kita pakai termasuk ke dalam jaringan WAN atau Wide Area Network, sebab dapat menghubungkan komputer anda dengan jaringan semua dunia.

Teknologi jaringan WAN ini memakai kabel yang terletak di dalam tanah maupun di dasar laut, dengan demikian jaringan yang tercakup lebih luas bahkan antar benua dan tidak sedikit negara. Terdapat jenis-jenis kabel jaringan komputer yang biasa di gunakan, dan kebel yang di pakai untuk jaringan WAN ini memakai kabel fiber optic yang lumayan kuat sampai-sampai rentan akan kehancuran meski tertanam di dalam tanah maupun di lautan.

Kelebihan dari jaringan ini mempunyai speed yang lumayan baik dan stabil, pertukaran informasi yang di lakukanpun lebih aman dan terarah. Karena mencantol hubungan antar negara maka jaringan ini lumayan baik di bandingkan jaringan LAN dan jaringan MAN. Namun ada kekurangan pun dari jaringan WAN ini, yaitu ongkos oprasional yang lumayan tinggi karena harus meluangkan kabel yang lebih tidak sedikit dan ongkos maintenance guna jaringan supaya lebih aman.

Jenis Jaringan Berdasarkan Distribusi Data dari Suatu Jaringan

1. Jaringan Terpusat





Jaringan TerpusatJaringan terpusat adalahjaringan umum yang seringkali digunakan pada warnet, perpustakaan, dan lokasi mengakses informasi publik lainnya. Jaringan terpusat ini mengandalkan satu server sebagai penyedia data utama, yang lantas dihubungkan ke dalam sejumlah komputer client.

Client yang mengakses komputer, akan mendapat  data dari bank data atau database yang tersimpan di dalam server utama. Sehingga jaringan ini melulu menyimpan pada satu server saja, pastinya server utama mempunyai kapasitas yang baik dan kinerja yang lumayan bagus guna menampung seluruh data client yang ada.

Kelebihan dari jaringan terpusat ini lebih menghemat masa-masa dalam penyetingan jaringan ke sejumlah user, selain tersebut jaringan yang di hasilkan lebih terarah dengan melulu satu server sebagai pusatnya. Jaringan terpusat pun mempunyai sistem ketenteraman yang lumayan baik sebab menyimpan data melulu pada satu lokasi yang terpusat.

Akan namun jaringan ini memiliki kelemahan karena melulu terpusat pada satu server maka pada ketika jaringan tersebut merasakan gangguan maka tidak terdapat server cadangan yang bakal menggantikan kerjanya, oleh sebab tersebut jaringan tidak akan bermanfaat pada ketika gangguan.

2. Jaringan Terdistribusi



Jaringan TerdistribusiJaringan terdistribusi merupakan campuran dari sejumlah jaringan terpusat, sampai-sampai dalam urusan ini, komputer client dan server akan menyusun suatu jaringan tersendiri yang baru, dan bisa mengakses informasi lebih banyak, sebab menggunakan lebih dari 1 sistem jaringan terpusat.

Jaringan terdistribusi ini lebih menolong para user dalam menemukan informasi lebih cepat dan tepat, pasalnya jaringan ini memiliki tidak sedikit processor yang bisa bekerja secara bergantian andai ada masalah pada di antara processor yang sedang beroperasi. Jaringan ini pun dapat menumbuhkan pertumbuhan sistem terus menerus sampai-sampai bukan tidak barangkali dapat mengembangkan sistem jaringan ini supaya lebih tepat guna terhadap user.

Keuntungan dari memakai jaringan terdistribusi ini pemeliharaan data yang tersimpan jauh lebih mudah sebab data tersimpan cocok dengan database yang terdistribusi. Dan bisa menyesuaikan sesuai keperluan dari setiap setiap perusahaan atau organisasi sampai-sampai penyimpanan data jauh lebih gampang untuk masing-masing user dalam masing-masing kali mengakses informasi yang di butuhkan.

Jenis Jaringan Berdasarkan Transmitter yang Digunakan

Jaringan Kabel



jenis-jenis jaringan komputerJaringan kabel, laksana namanya, jaringan komputer ini disusun dengan memakai koneksi kabel antar komputer. Biasanya, koneksi dari jaringan kabel ini memakai port guna konek LAN, dimana kabel LAN bakal dicolokkan ke dalam port LAN Card, untuk lantas dikoneksikan ke dalam komputer.

Penggunaan Jaringan kabel ini seringkali dipakai untuk menyusun jaringan dalam warnet ataupun dalam satu lokasi tinggal kecil.

Contoh konkrit dari jaringan kabel ialah telepon lokasi tinggal yang biasa kita pakai sehari-hari. Jaringan kabel sebetulnya baik guna digunakan, sebab tidak diprovokasi oleh situasi cuaca danjuga penghalang sinyal, namun lumayan rumit dan pun ribet dalam menata tata letak perkabelannya.

Jaringan Tanpa Kabel



wirelessJaringan tanpa kabel atau wireless adalahsalah satu pengembangan jaringan yang ketika ini sudah tidak sedikit digunakan oleh user. Sinyal GSm, GPRS, 3G, 4G merupakan misal nyata dari pemakaian jaringan wireless yang kita pakai sehari – hari.

Jaringan wireless memerlukan satu buah menara atau tower pengirim sinyal, dan pun penempatan chip penangkap sinyal pada komputer, dapat berupa SIM Card, dapat juga berupa modem dan antena. Jaringan wireless ini lebih tidak sedikit di pakai karena lebih tepat guna dan praktis selain tersebut tidak butuh mengeluarkan ongkos oprasional guna kabel dalam penyambungannya ke sejumlah prangkat guna terhubung ke internet.

Karena tanpa memakai kabel, maka koneksi jaringan wireless ini:

Lebih praktis dalam pemakaiannya.
Tidak perlu memakai instalasi kabel.
Memiliki jangkauan dan juga cakupan jaringan yang lebih luas dikomparasikan jaringan kabel.
Selain tersebut yang butuh di perhatikan ialah jaringan ini lebih rentan dalam urusan keamanan, karena wireless yang tidak memakai kabel bakal lebih mudah untuk para hacker guna masuk dan menerobos ke dalam sistem jaringan.

Jenis Jaringan Berdasarkan Peran dan Juga Hubungan antar Komputer
1. Client – Server

Client - ServerJaringan client to server adalahjaringan umum yang biasa anda temui pada perpustakaan online, ataupun warnet. Jaringan ini meluangkan satu server dan juga sejumlah klien, nyaris sama dengan model jenis jaringan terpusat.

Server akan meluangkan data yang ditabung dalam database, lalu lantas komputer client melulu akan dapat mengakses data tersebut, tanpa dapat merubah dan pun mengedit. Jaringan ini dapat disebutkan server tersebut beraksi sebagai server dedicated yang dapat meluangkan multi service untuk masing-masing clientnya. Sayangnya untuk memakai jaringan ini membutuhkan ongkos oprasional yang lumayan mahal sebab menggunakan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

2. Peer to Peer

peer-to-peerApabila pada koneksi client server, server mempunyai peran sebagai penyedia data, maka pada jaringan peer to peer. Semua komputer yang terhubung dalam satu jaringan mempunyai peran yang sama dapat menjadi client dan juga dapat juga menjadi server.

Biasanya, koneksi peer to peer ini tidak jarang kita temui pada koneksi jaringan dalam permainan yang mempunyai sifat multi player. Bagi jaringan peer to peer ini masing-masing user mempunyai hak akses yang sama sampai-sampai semua bisa mengakses data informasi dan bisa mengubah, meningkatkan dan menghapus data tersebut.

Kelebihan dari jaringan ini tidak memerlukan administrator guna pengoperasian server sebab semua komputer bisa mempunyai peran ganda sebagai cerver dan client. Selain tersebut pada ketika satu komputer merasakan gangguan, jaringan tidak bakal bermasalah sebab terganggu karena setiap komputer satu dengan yang lainnya tidak terhubung dari data terpusat.