4 Jenis Mesin Pada Mobil Yang Paling Menjamur Di Indonesia

SMKPGRIJATIWANGI
Mesin adalahsumber penggerak suatu mobil supaya dapat melaju kencang. Dalam proses kerjanya, mesin mengerjakan pengubahan energi kimiawi (pembakaran) ke energi gerak (energi putar). Dengan kata lain, yang terjadi didalam mesin itu ialah pembakaran antara bahan bakar dengan api.

Apa bahan bakarnya ?

Semua orang tahu bensin menjadi bahan bakar utama guna mesin mobil. Dalam siklus kerjanya, bensin bakal dimasukan ke dalam mesin dalam volume tertentu, kemudian akan dilaksanakan reaksi pembakaran antara udara, bensin dan cipratan api. Sehingga terjadilah pembakaran yang memunculkan ekspansi, energi yang terdapat dalam perluasan pembakaran ini nantinya akan diolah ke gerakan putar melewati mekanisme poros engkol.

Namun, bahan bakar mesin itu tidak saja bensin. Karena ternyata mesin pada kendaraan tersebut ada sejumlah tipe, minimal ada tiga jenis mesin mobil kalau disaksikan dari jenis bahan bakarnya yaitu mesin bensin, mesin diesel, dan BBG. Lalu apa saja keunggulan serta penjelasan setiap ? simak saja pembahasan lengkapnya dibawah.

Jenis Jenis Mesin Mobil


1. Mesin Bensin (Gasoline)

Jenis kesatu adalahtipe mesin yang paling tidak sedikit digunakan pada segala jenis mobil berukuran sedang dan kecil. Apalagi bila bukan mesin bensin, mesin bensin memakai bahan bakar bensin (gasoline).

Bensin dipilih sebab salah satu minyak bumi yang mudah dihanguskan dan hasil pembakaran dari bensin ini pun tidak terlampau meninggalkan emisi buruk. Sehingga, untuk digunakan secara masif pada kendaraan rasanya mesin bensin tersebut cocok.

Kelebihan mesin bensin terdapat pada RPM mesin yang dapat sangat tinggi. Ini sebab rasio kompresi mesin bensin tidak perlu terlampau tinggi, (10 atau 9 : 1 saja sudah dapat membuat bensin terbakar). Sehingga, tahapan piston tidak terlampau berat. Hasilnya putaran mesin yang bakal lebih maksimal. Namun, guna urusan torsi mesin bensin ini masih kalah dari mesin berbahan bakar solar, alasannya anda simak selanjutnya.

Baca pula ; Jenis jenis mesin bensin yang digunakan pada kendaraan

2. Mesin Diesel (solar)



Advertisement


Mesin diesel tidak sedikit ditemui pada kendaraan besar laksana truk, bus, perangkat berat, serta lokomotif. Sementara pada mobil penumpang, ada sejumlah mobil MPV yang memakai diesel tetapi jumlahnya masih paling sedikit.

Mengapa mesin diesel lebih tidak sedikit dipakai pada kendaraan berat ?

Ini masih bersangkutan dengan torsi dan power (HP) mesin. Mesin diesel ternyata mempunyai torsi yang lebih banyak daripada mesin bensin walau top RPM mesin diesel tidak dapat secepat mesin bensin. Ini dapat terjadi sebab mesin diesel memakai metode self combustion. Self combustion ialah pembakaran yang terjadi secara otomatis sebab tekanan kompresi.

Namun supaya tekanan kompresi dapat menciptakan pembakaran, maka desakan kompresi mesti dinaikan sampai lebih dari 15 : 1. Ini bakal membuat tahapan piston lebih berat sampai-sampai pengaruhnya pada top RPM yang rendah.

Baca pula ; Macam macam mesin diesel pada mobil

3. BBG (Bahan Bakar Gas)




Kalau kamu bertempat bermukim atau pernah ke Jakarta, pasti kamu akan mendatangi bajai biru dengan artikel BBG. Itu tandanya, bajai itu tidak lagi memakai mesin 2 tak yang ngebul dan berisik namun memakai mesin berbahan bakar gas LPG.

Apakah gas LPG dapat dijadikan bahan bakar mesin ?

Tentu dapat karena laksana yang kita kupas diatas, bahwa didalam mesin tersebut yang terjadi pembakaran antara bahan bakar dan api. Dan gas LPG pun sama-sama bahan bakar yang mempunyai sifat gampang terbakar.

Penggunaan gas LPG ini bakal meringankan penarik bajai sebab harga gas LPG lebih murah daripada bensin (Pertalite) sebab masih di subsidi. Namun mesin berbahan bakar gas ini belum dipakai pada kendaraan individu karena dalil efektifitas dan ketenteraman pengisian bahan bakar.

Bayangkan saja, kalau tidak sedikit mobil memakai gas dapat terjadi kelangkaan gas sebab rumah tangga dan lokasi tinggal makan pun membutuhkan gas LPG ini. Di samping itu, bila harus mengubah tabung ketika pengisian bahan bakar tersebut sangat merepotkan sebab harus bolak balik mengotong tabung gas. Kalau bensin, tersebut mudah bermukim buka tutup tanki dan bensin dituangkan.

4. Motor wangkel (rotary engine)




Ada satu jenis lagi namun jenis ini seringkali menggunakan bahan bakar bensin, melulu saja mempunyai prinsip kerja yang bertolak belakang dengan mesin yang kita kupas diatas. Di samping itu format piston pada motor wankel pun berbeda, bentuknya segitiga dan bergerak secara rotasi (tidak naik turun).

Ini sebab prinsip kerja pada motor wankel tersebut tidak melakukan tahapannya secara berututan tetapi terjadi secara beramaan saat piston bergerak berputar. Kelebihannya, terdapat pada format yang paling kompak dan tenaganya pun sangat baik. Namun konsumsi bensin boros serta emisinya tidak cukup bersahabat. Sehingga, tidak tidak sedikit yang mengembangkan motor wankel ini.